Favorit Saya

Blogroll

CARA MEMBUAT E-BOOK SIMPLE DAN PRAKTIS




Tentang E-Book

Oleh: annida | Kategori: Internid
Diposting /copied by dhani, Oktober/15/2010



E-book merupakan singkatan dari electronic book yang memiliki pengertian buku elektronik. Ebook dan buku memiliki kesamaan pada pemberian informasi, buku yang biasa kita baca pun dapat dijadikan Ebook. Yang berbeda dari ebook dan buku hanya pada medianya, Ebook menggunakan media elektronik sedangkan buku menggunakan media cetak. Ebook hanya dapat dibaca di komputer, sedangkan buku dapat dibaca secara langsung karena sudah tercetak di kertas. Ebook sangat berbeda dengan web, walaupun memiliki kesamaan untuk menyampaikan suatu informasi dan dapat dibaca di komputer, tetapi web tidak dapat langsung dibaca tanpa adanya koneksi dengan internet, tampilan web dengan Ebook pun jauh berbeda.

Format Ebook beragam, ada yang berformat pdf yang dapat dibaca di acrobat reader, swf yang dapat dijalankan dengan aplikasi flash player, exe yang dapat langsung dieksekusi dan dijalankan tanpa program aplikasi tertentu. Untuk membuat Ebook sederhana yang simple dan bagus, dapat menggunakan software E-Book Maestro: www.ebookmaestro.com/downloads/freesetup.exe (link untuk download software E-Book Maestro)
Cara Membuatnya :

1. Setelah meginstall software E-Book Maestro, ada 2 program yang disuguhkan ,pertama adalah wizard dan program induk E-Book Maestro. Wizards berfungsi sebagai pemandu dalam membuat e-book dan program induk sebagai Compiler-nya
2. Aktifkan Window EBook Maestro: Wizards >> ada contoh tampilan e-book yang akan kita buat di bagian bawah, pertama dengan style sidepanel dan kedua dengan style slide show. lalu pilih sesuai keinginan. Sebagai contoh saja kita pilih eBook, seperti gambar dibawah ini:

aks-apr-gbr1.JPG

3. Pada window selanjutnya pilih Ebook with protected. Hal ini agar tidak adanya proses copy-paste pada e-book sehingga keaslian artikel terjamin dari maraknya aksi cross-posting alias copy-paste artikel milik orang lain.
4. Pada window selanjutnya pilihlah sesuai dengan pilihan Anda, EBook without Table of Content /tanpa sidepanel (daftar isi) dan EBook with Table of Content/dengan sidepanel (daftar isi). Sebagai Contoh kita pilih EBook with Table of Content.
5. Pada window selanjutnya pilihlah link This template lalu ekstract di mana saja. Example C:EBOOK lalu buka folder tersebut.
6. Akan ada folder leftpanel (sidepanel daftar isi) dan folder protected. Editlah File html tersebut. Gunakan Editor HTML yang mudah digunakan seperti Crimson Editor.
7. Buka eBook Maestro (program induk) kemudian klik Tab "General" lalu isi informasi tentang penulis dan link ke website.
8. Kemudian klik Tab "Files", di bagian eBook Directory klik Browse dan arahkan ke folder yang tadi yaitu C:EBOOK seperti pada gambar dibawah ini.

aks-apr-gbr2.JPG

9. Kemudian di bagian leftpanel sub-Directory, pilih Browse dan klik leftpanel lalu OK seperti pada gambar dibawah ini:

aks-apr-gbr3.JPG

10. Anda pun dapat mengganti ICON sesuai selera pada bagian eBook Icon.
11. Tentukan Output (letak hasil compilasi) berada pada bagian Output eBook EXE file. Tekan Browse untuk merubahnya.
12. Terakhir Klik Compile pada Toolbar. Selesai deh.. Coba di buka hasilnya

sumber terpercaya: annida-online.com Dapatkan artikel terbaru via Facebook, Twitter dan Google+ :

Sebarkan jika bermanfaat:
Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg
1 Comments
Tweets
Comments

1 Response to "CARA MEMBUAT E-BOOK SIMPLE DAN PRAKTIS"

write the thing which will be important for all of people

Mengapa para remaja banyak yang terpengaruh pergaulan bebas tanpa batas?