Favorit Saya

Blogroll

MAKALAH KOMPUTER

SEKAPUR SIRIH

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Tiada kata yang pantas untuk diucapkan untuk kali pertama, melainkan lafaz hamdalah dengan wujud rasa syukur kita terhadap-Nya atas rahmat dan kasih saying-Nya. Tanpa ada ridho dariNya, maka makalah tugas akhir semester ini tidak akan pernah terselesaikan. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada Nabi akhir zaman, Muhammad saw, kepada keluarga, sahabat, dan kepada para ummatnya, semoga kita mendapat syafa’at nya di yaumil akhir kelak.
Tidak terasa sudah sepuluh bulan lamanya saya belajar mengenai dunia maya, tepatnya di widya informatika. Sedikit banyaknya saya telah menimba ilmu dari insitut tersebut. Dengan demikian tentu ada hasil yang harus dicapai. Salah satunya dengan adanya tugas akhir semester yang alhamdulillah telah selesai disusun secara rinci, walaupun ada kesalahan di sanan-sini. Tentunya banyak pengeditan makalah ilmiah yang telah dibuat sedemikian hingga ini.
Mudah-mudahan apa yang saya kerjakan ini menjadi berguna bagi para pembaca, khususnya kepada punulis, dan umumnya kepada kawan-kawan dan tutor sekalian yang telah memberikan ilmu kepada saya selama sekian bulan. Apabila terdapat kekurangn, saya mohon ma’af, dan saya mohon kritik dan penilaian dari para pembaca, khususnya dari para tutor yang telah mengajarkan saya tentang dunia cyber. Sekian dari saya dan mudah-mudahan bermanfaat untuk sample pembuatan makalah-karya ilmiah berikutnya.

                                                                                               Wasslama

                                                                                         
                                                                                          M. Dhani Suheri
                                                                                                 Penulis


DAFTAR ISI



i.                     Cover Makalah……………………………………..…1
ii.                   Sekapur Sirih…………………………………….…....2
iii.                  Dafrar isi……………………………………………....3

BAB I Pendahuluan…………………………………………….….4
1.1  Latar Belakang
1.2  Rumusan Masalah
1.3  Metode

BAB II Pemaparan dan Penjelasan
            2.1 Pengertian Internet..........................................................5
2.2 Sejarah dan Perkembangan Internet................................5
2.3 Syarat Terhubung ke Internet..........................................9
2.4 Macam-macam Jaringan di Intern..................................10
2.5 Fasilitas-fasilitas Internet................................................12
2.6 Elemen-elemen Internet Explorer...................................14
2.7 Manfaat dan Dampak Internet.......................................17
2.8 Internet dan Kesehatan..................................................18

BAB III Penutup.............................................................................20
            3.1 Kesimpulan
            3.2 Saran

Sumber............................................................................................21






BAB I
Pendahuluan

1.1  Latar Belakang
Internet merupakan sebuah akses jaringan yang membuka batasan di seluruh dunia. Maksudny, dengan internet semua orang dapat menjelajahi dunia. Bahkan dengan internet seseorang bisa menembus rekening-rekening bank dengan modus penipuan tentunya. Akan tetapi, di samping itu kita harus tahu terlebih dahulu apa itu internet, dan bagaimana sejarah internet itu sendiri.
Sering kali para pengguna internet hanya sekedar tahu menjalankan internet. Tetapi mereka kebanyakan tidak mengetahui komponen-komponen dan potensi yang besar di dunia maya tersebut, terutama di bidang bisnis dan kepenulisan. Para pembisnis rata-rata tidak lagi mamakai transaksi langsung, tetapi kebanyakan melakukan transaksi secara on-line. Bahkan, media informasi seperti Koran, majalah, dan lain sebagianya, telah beralih dari media pos, ke media electronic-mail ( salah satu fasilitas di internet ). Oleh karena itu, di samping penulis bertujuan menyelesaikan tugas akhir semester di lembaga pendidikan widya informatika, penulis juga berusaha untuk menjelaskan secara terperinci mengenai internet.

1.2  Rumusan Masalah
  1. Apa itu internet?
  2. Bagaiman sejarah berdirinya internet?
  3. Apa dampak dan manfaat dari internet?
  4. Apa pengaruh internet bagi masayarakat dunia?
  5. Bagaimana cara mengoperasikan dan mengoptimalkan penggunaan internet?

1.3  Metode
Penulisan makalah ini ditulis dengan cara mengambil sebagian besar artike dari berbagai blog yang menyediakan infomasi tentang internet serta dengan cara mengambil intisari dari beberapa buku yang ada.





2.1 Pengertian Internet

Internet berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya kita harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota terdekat. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun kita dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.

Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

2.2 Sejarah dan Perkembangan Internet




1. Sejarah Internet

 a. sejarah internet pertama kali

Sejarah dari adanya intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.

Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

b. Sejarah internet Indonesia
Dimulai pada awal tahun 1990-an. Saat itu jaringan internet di Indonesia lebih dikenal sebagai paguyuban network, dimana semangat kerjasama, kekeluargaan & gotong royong sangat hangat dan terasa diantara para pelakunya. Agak berbeda dengan suasana Internet Indonesia pada perkembangannya kemudian yang terasa lebih komersial dan individual di sebagian aktivitasnya, terutama yang melibatkan perdagangan Internet.

Sejak 1988, ada pengguna awal Internet di Indonesia yang memanfaatkan CIX (Inggris) dan Compuserve (AS) untuk mengakses internet.

c. Awal Internet Indonesia
Berdasarkan catatan whois ARIN dan APNIC, protokol Internet (IP) pertama dari Indonesia, UI-NETLAB (192.41.206/24) didaftarkan oleh Universitas Indonesia pada 24 Juni 1988. RMS Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan beberapa nama-nama legendaris di awal pembangunan Internet Indonesia di tahun 1992 hingga 1994. Masing-masing personal telah mengontribusikan keahlian dan dedikasinya dalam membangun cuplikan-cuplikan sejarah jaringan komputer di Indonesia.

Tulisan-tulisan tentang keberadaan jaringan Internet di Indonesia dapat dilihat di beberapa artikel di media cetak seperti KOMPAS berjudul "Jaringan komputer biaya murah menggunakan radio"[1] di bulan November 1990. Juga beberapa artikel pendek di Majalah Elektron Himpunan Mahasiswa Elektro ITB di tahun 1989.
           
d. Internet Service Provider Indonesia

Di sekitar tahun 1994 mulai beroperasi IndoNet yang dipimpin oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekat barangkali. Lokasi IndoNet masih di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI, kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. Akses awal di IndoNet mula-mula memakai mode teks dengan shell account, browser lynx dan email client pine pada server AIX.

Mulai 1995 beberapa BBS di Indonesia seperti Clarissa menyediakan jasa akses Telnet ke luar negeri. Dengan memakai remote browser Lynx di AS, maka pemakai Internet di Indonesia bisa akses Internet (HTTP).

Perkembangan terakhir yang perlu diperhitungkan adalah trend ke arah e-commerce dan warung internet yang satu & lainnya saling menunjang membuahkan masyarakat Indonesia yang lebih solid di dunia informasi. Rekan-rekan e-commerce membangun komunitasnya di beberapa mailing list utama seperti warta-e-commerce@egroups.com, mastel-e-commerce@egroups.com, e-commerce@itb.ac.id & i2bc@egroups.com.


2. Perkembangan Internet

2.3 Syarat Terhubung ke Internet
Untuk berhubungan dengan internet tentunya harus mempunyai komputer. Internet adalah jaringan komputer, oleh karena itu jalan satu-satunya untuk berhubungan dengan internet adalah melalui komputer. Selain itu juga diperlukan hard disk yang berisi software untuk berhubungan dengan Internet Service Provider dan Internet seperti web browser, dan hard disk untuk menyimpan informasi-informasi yang anda download. Untuk bisa mengakses internet tidak cukup hanya dengan komputer saja, tapi ada alat bantu lainnya, yaitu :

a) Modem. Modem adalah perangkat hardware tambahan untuk komputer (baik jenis card / internal, maupun eksternal yang terletak di luar komputer). Pada dasarnya modem adalah alat yang memungkinkan komputer anda untuk berbicara dengan komputer lain melalui kabel telpon. Kata modem berasal dari kata modulasi demodulasi yang bisa diartikan sebagai proses perubahan denyut elektronis dari komputer menjadi suara / audio (modulasi) sehingga dapat dikirim lewat telepon. Modem penerima akan mengubah nada suara tadi menjadi denyut elektronis kembali untuk diproses selanjutnya oleh komputer (demodulasi).

b) Telepon. Modem memerlukan telepon untuk melakukan tugasnya. Proses pada saat modem terhubung dengan telepon dan anda memulai hubungan dengan Internet Service Provider pada dasarnya sama dengan proses anda menelepon biasa. Jika ada yang menelepon anda saat anda menggunakan modem, maka dia akan menerima nada sibuk dan tidak bisa menghubungi anda. Karena modem dan telepon berkaitan erat, kecepatan modem juga sangat berpengaruh terhadap rekening telepon yang harus anda bayar setiap bulan. Sehingga, modem yang cepat akan lebih menghemat uang daripada modem yang lambat.

c) Software. Software diperlukan untuk berhubungan dengan internet. Tanpa software yang sesuai, anda tidak bisa mengakses internet. Contoh software yang diperlukan adalah :

1) Microsoft Internet Explorer dan Netscape Communicator adalah browser untuk mengakses web yang paling baik dan terpopuler saat ini. Kedua browser ini juga bisa sekaligus berfungsi sebagai FTP, mail, dan newsgroup.
2) Cute FTP, Go!Zilla dan WSFTP adalah software khusus untuk FTP.
3) Untuk e-mail, anda bisa menggunakan Internet mail / Outlook Express yang merupakan bagian dari Microsoft Internet Explorer atau Netscape Mail yang merupakan bagian dari Netscape Communicator.
4) mIRC, Yahoo Messenger atau ICQ adalah program untuk chatting yang paling populer saat ini. Dengan program ini anda bisa berbincang-bincang dengan orang lain melalui keyboard.

d) Internet Service Provider. Untuk bisa bergabung dengan internet, anda harus mempunyai akses dengan cara berlangganan ke penyedia jasa internet atau yang lebih sering disebut dengan Internet Service Provider (ISP). Internet Service Provider adalah perusahaan yang menawarkan jasa pelayanan kepada anda untuk berhubungan dengan internet. Untuk mengakses anda cukup menghubungi Internet Service Provider melalui komputer dan modem, selanjutnya Internet Service Provider akan mengurus detail-detail yang diperlukan untuk berhubungan dengan internet, termasuk biaya SLJJ koneksi tersebut. Jadi misalnya ketika anda sedang mengakses homepage luar negeri, maka Internet Service Provider-lah yang menanggung biaya hubungan ke luarnegeri. Anda cukup membayar biaya pulsa lokal yang digunakan untuk menghubungi Internet Service Provider tadi. Saat ini telkom menyediakan fasilitas TelkomNet@Instant yang bersifat semi ISP, dimana kita bisa mengakses internet melalui telkom tanpa harus berlangganan ke ISP tertentu, biaya pemakaian dihitung berdasarkan menit pemakaian. Saat buku ini disusun, biaya permenitnya adalah Rp. 150 tambah PPn 10%, sekitar Rp. 9.900/jam. Jika kita menggunakan internet tidak rutin, fasilitas ini lebih baik.

2.4 Macam-macam Jaringan di Internet

a. Local Area Network ( LAN )
Adalah jaringan yang terdapat dalam sebuah gedung / kantor.
Manfaatnya antara lain :
·Digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang terdapat didalam gedung / kantor.
·Jaringan LAN disebut dengan jaringan local.
·File server untuk memberikan layanan perangkat lunak mengatur jaringan dan untuk menyimpan data.
·Topologi yang digunakan untuk jaringan LAN adalah topologi ring dan topologi bus.

b. Metropolitan Area Networking ( MAN )
Adalah jaringan yang menghubungkan komputer yang ada di gedung yang brdekatan / masih dalam kota atau provinsi.
Manfaatnya :
.Jaringan ini juga sering disebut dengan intranet.
.Software dan hardw·are yang digunakan sangat spesifik.

c. Wide Area Networking ( WAN )
Adalah jaringan yang mencakup area sangat luas, Negara / benua.
Manfaatnya:

·Jaringan ini menggunakan satelit bawah laut.
·Kecepatan transfer data adalah 64 kbps.
.Dalam jaringan ini terdapat satu pusat komputer yang disebut dengan host.


2.5 Fasilitas-fasilitas Internet

1.      Telnet (Remote Login); adalah fasilitas yang digunakan untuk melakukan login dan bekerja pada komputer dari jarak jauh.

2.      Electronic Mail; untuk menerima dan mengirim pesan-pesan/surat dari orang lain dalam jaringan internet. Dengan E-mail ini kita juga bisa mengirim dan menerima segala sesuatu yang dapat disimpan dalam sebuah file komputer, misalnya program, gambar atau majalah elektronik.

3.      Usenet; Suatu sistem diskusi kelompok pada jaringan internet, dimana artikel-artikel atau makalahnya didistribusikan ke seluruh pemakai internet di seluruh dunia. Karena saking banyaknya peminat usenet ini, maka di internet dibagi-bagi sesuai dengan bidang permasalahan diskusinya.

4.      Finger Service; merupakan fasilitas yang memberikan kesempatan kita untuk menanyakan informasi tentang seorang pemakai.

5.      Remote Login; Fasilitas ini digunakan untuk menghubungi atau memasukkan salah satu server (pusat komputer) yang disambungkan ke jaringan internet. Untuk dapat melakukan hal ini kita harus tahu alamat servernya, punya username dan password, tetapi setiap server biasanya memberikan kesempatan kepada semua orang login dengan menggunakan account atau username Public agar dapat memasuki/login ke suatu server.

6.      Anonymous FTP; memberikan kesempatan kita untuk mentransfer atau mengirim file dari satu komputer ke komputer yang lain.

7.      Archie Server; merupakan katalog atau tempat mencari alamat-alamat tempat untuk Anonymous FTP.

8.      Talk Facility; untuk menghubungi pemakai lain dalam jaringan internet baik dalam sistem yang sama ataupun sistem yang berbeda. Selanjutnya kita dapat menerima dan mengirim pesan kepada pemakai yang kita hubungi.

9.      Internet Relay Chat (IRC); mirip dengan fasilitas talk, tetapi melibatkan sekelompok orang, kita akan dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang.

10.  Gopher; penyedia menu di mana kita bisa mendapatkan segala informasi termasuk fasilitas-fasilitas internet lainnya. Setiap gopher ini berisi informasi-informasi dimana sistem administrator lokal dipakai bersama.

11.  Veronica dan Junghead; fasilitas yang dapat menelusuri menu-menu gopher di seluruh dunia.

12.  Wais Server (Wide Area Information Service); menyediakan cara untuk menemukan informasi yang tersebar dalam internet dengan cara menggunakan fasilitas database dan pencarian dilakukan dengan menggunakan kata kunci. Untuk melakukan proses pencarian ini kita harus menentukan dulu tempat atau alamat kita akan melakukan pencarian informasi.

13.  World Wide Web (WWW); merupakan fasilitas hypertext yang memberikan kesempatan kepada kita untuk untuk mencari dan menampilkan informasi dengan mengetikkan alamat elektronik tujuan. Hypertext adalah data yang memiliki hubungan ke data yang lainnya, inilah yang menyebabkan fasilitas Web ini merupakan fasilitas yang paling handal di internet.

14.  White Pages Directory; server yang menampilkan daftar referensi, kita dapat mencari informasi yang kita perlukan sama seperti membuka buku yellow pages.
15.  Electronic Magazine; majalah elektronik berupa artikel-artikel yang disimpan dalam file-file yang diakses oleh semua orang, baik dengan topik ilmiah ataupun hiburan.

16.  Mailing List; sistem yang mengirim pesan-pesan berupa artikel, berita atau apa saja sesuai dengan topik yang ditentukan ke sekelompok orang.

17.  Bulletin Board System (BBS); tempat untuk menyimpan pesan-pesan dan file yang sesuai dengan topik yang ditentukan.

18.  Whois; adalah salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mencari user yang ada pada seistem komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

19.  Multiple User Dimention (MUD); program komputer yang menyediakan fasilitas untuk berinteraksi, berfantasi dan beraksi dengan user-user lain dimana masing-masing memainkan perannya.

20.  Search Engine; mirip dengan WAIS Server yaitu tempat untuk mencari informasi di internet menggunakan fasilitas database yang pencariannya juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci, namun kita tidak perlu menentukan tempat pencarian kita. Fasilitas ini berbasis WWW.

21.  Online Game; dapat menghubungkan beberapa user yang berada di lokasi yang berbeda untuk menjalankan program game secara bersamaan.

22.  VOIP (Voice Over Internet Protokol); merupakan fasilitas yang mirip dengan fasilitas telepon namun menggunakan jalur internet sebagai pengantar data (voice).

2.6 Elemen-elemen Internet Explorer
2.6.1 Perhatikan gambar diatas, secara umum jendela internet explrorer terdiri dari empat bagian utama, yaitu

a)      Menu Bar, berisi sederetan menu yang akan membantu kita dalam proses surfing di internet. Setiap menu mempunyai sub menu dan fungsi sesuai dengan nama menunya
b) Standard Button, terdiri dari icon-icon standar yang akan sering digunakan disaatkita mengakses internet.
c) Address Bar, digunakan untuk mengetikkan alamat situs web yang akan dikunjungi. Misalnya anda mau mengunjungi situs Program Ekstensi FEUA, maka pada kotak address bar ini ketikkan http://ekstensi-feua.or.id lalu tekan tombol ENTER atau klik tombol GO yang terletak di ujung kotak address bar ini. Maka browser Internet Explorer akan membuka situs tersebut. Jika kita sedang mengarahkan penunjuk mouse ke suatu kata, kalimat, icon atau gambar dan bentuk mouse berubah menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk, berarti kata, kalimat, icon atau gambar tersebut dapat diklik dan akan membawa kita kehalaman yang lain. Inilah yang disebut dengan hyperlinks biasa disingkat link. Dengan adanya hyperlink ini, suatu situs web menjadi kaya akan halaman. Coba anda buka www.yahoo.com, anda akan menemukan ratusan daftar link. Semakin banyak link dari suatu situs web, berarti situs tersebut padat akan informasi.

d) Status Bar, berfungsi untuk menampilkan alamat dari hyperlinks yang yang sedang disorot.
Menyimpan Halaman yang Aktif

2.6.2 Untuk menyimpan informasi yang diperoleh dari suatu situs, dapat dilakukan dengan cara ;

a) Klik menu File dan pilih Save As, muncul kotak dialog Save As
b) Tentukan lokasi penyimpanannya, apakah di harddisk atau di disket
c) Pada kota Save As type, pilih web page, HTML only jika ingin menyimpan teksnya saja atau pilih web Page, Complete untuk menyimpan seluruh isi web site termasuk images (ukuran file menjadi besar).
d) Klik tombol Save untuk melakukan proses penyimpanan

2.6.3 Menyimpan Sebagian Infomasi
a) Bloklah terlebih dahulu data yang akan disimpan, dengan cara klik diawal data yang akan   disimpan dan geser tombol mouse ke akhir data.
b) Pilih Edit dan klik Copy (tekan Ctrl+C)
c) Aktifkan MS-Word
d) Pilih Edit dan klik Copy (tekan Ctrl+V)
    Maka data yang diblok tadi akan berpindah ke format MS-Word, kita bisa melakukan    
 pengeditan seperlunya. Simpanlah hasil pengeditan tersebut sebagaimana anda menyimpan dokumen Word biasa.

2.6.4 Menyimpan Gambar/images
a) Klik kanan diatas gambar/image yang akan disimpan.
b) Klik pilihan Save Picture as
c) Tentukan lokasi penyimpanan file tersebut.
d) Pada kotak file name, ketikkan nama file tersebut.
e) Pada Save as type, tentukan tipe file yang akan disimpan
f) Klik tombol Save untuk melakukan proses penyimpanan

2.6.5 10. Search Engine
          
(Menemukan Informasi dengan Mesin Pencari)
Seperti telah dikemukakan diatas, internet adalah gudangnya informasi, mulai dari hal-hal yang kecil sampai pada hal-hal yang diluar pikiran kita semuanya ada diinternet. Tinggal bagaimana caranya kita memanfaatkannya. Diantara jutaan bahkan milyaran informasi yang ada di internet, tentu kita akan kesulitan untuk mencari informasi tertentu. Untuk itulah mesin pencari (Search Engine) sangat berperan dalam mencarikan informasi yang dibutuhkan. Banyak sekali situs yang berfungsi sebagai mesin pencari di internet saat ini, diantaranya adalah :
Ø www.yahoo.com,
Ø www.google.com,
Ø www.catcha.co.id,
Ø www.hotbot.com,
Ø www.incari.com,
Ø www.excite.com,
Ø www.searchindoensia.com,
Ø www.looksmart.com,
Ø www.naver.co.id,
Ø www.altavista.com
dan masih banyak yang lainnya.

Diantara sekian banyak mesin pencari, kami sarankan anda menggunakan www.yahoo.com atau www.google.com, karena situs ini lebih padat informasi dan selalu diupdate. Adapun cara menggunakan mesin pencari ini adalah sebagai berikut ; (kita gunakan www.google.com untuk mencari informasi tentang Program Ekstensi).

Ø Aktifkan browser Internet Explorer anda.
Ø Pada kotak Address, ketikkan www.google.com
Ø Tekan tombol ENTER atau Klik GO. Tunggu hingga tampil situs google tersebut.

 Setelah tampil situs google, ketikkan ‘Program Ekstensi’ pada kotakØ berwarna, lalu tekan ENTER atau klik Google Search, lihat gambat berikut ;
Tunggu beberapa detik, maka mesin pencari Google akan menampilkan daftar situs
dan link yang menggunakan kata Program Ekstensi dalam sistusnya. Lihat hasil
berikut ;
Gunakan vertikal scrol bar untuk menggeser layar kebawah, kliklah daftar link yang anda inginkan, maka anda akan dibawa menuju ke alamat link tersebut. Dengan cara yang sama, anda juga dapat mencari informasi tentang apa saja, misalnya anda ditugaskan oleh dosen untuk mencari data keuangan atau profil suatu perusahaan di internet. Maka langkah pertama anda harus tahu alamat situs web dari perusahaan tersebut, kalau tidak tahu, gunakanlah mesin pencari ini. Mesin pencari ini akan selalu membantu anda kapan saja anda butuh.

2.7 Dampak dan Manfaat Internet
Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita semua sudah mengenal yang namanya internet. Tapi apakah kalian semua tau apakah manfaat dan dampak negatif dari internet ? mungkin sebagian dari kalian sudah tau, tapi aku merasa masih banyak dari kalian yang belum tau tentang hal ini. Memang benar dengan adanya internet kita men jadi lebih mudah mendapatkan informasi tentang dunia sekitar, kita juga bisa menjadi SDM yang lebih berguna dimasa depan. Beberapa orang juga menyabut internet sebagai salah satu jendela dunia kita. Sebaik apapun internet sudah pasti internet juga mempunya dampak negatif, beberapa diantaranya adalah maraknya situs porno yang beredar luas di internet dan chatting yang tidak kenal waktu dan batas. Banyak sekali anak di bawah umr yang membuka situs porno tanpa sepengetahuan orang tuanya, hal itu dapat menyebapkan lemahnya kualitas SDM di masa depan. Chatting tanpa kenal batas juga mempunyai dampak sangat buruk bagi kita, dengan kita melakukan hal itu sama saja dengan kita membuang waktu kita yang sangat berharga, karna ada sebuah pepata mengatakan " Time is Money ". So, kalau kita pengen maju gunakanlah internet sebaik mungkin, manfaatkan lah waktu mudamu dengan hal-hal yang berguna dan jagan sampai kamu menyesal nantinya.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa teknologi internet sangat membantu perkembangan kamajuan bangsa seperti yang terjadi di Indonesia saat ini. dengan adanya Internet semua kegiatan yang dahulu mustahil untuk dilakukan saat ini bisa dilakukan apalagi saat ini sudah di dukung dengan murahnya biaya akses Internet serta menjamurnya area Free Hotspot.

Internet….Hem..bagi sebagian kalangan yang melek teknologi hal ini sudah menjadi hal yang tidak aneh lagi bahkan ada sebagian orang yang menggantungkan hidupnya (mendapat penghasilan) kepada internet. tetapi saat ini yang menjadi pertanyaan adalah “apakah bangsa Indonesia sudah siap menerima teknologi Internet ini??”

Siap atau tidak siap kita harus mengadopsi teknologi ini jika kita tidak ingin semakin tertinggal dengan negara-negara lain yang sudah maju. Internet memang merupakan fenomena yang luar biasa, dengan internet kita bisa menjadi bangsa yang maju dan dengan internet pula kita bisa menjadi bangsa yang tidak berbudaya atau rusak.

Saat ini sudah bukan hal yang biasa terjadi kejahatan di dunia maya di Negara kita seperti Meyebarnya foto mesum, video mesum remaja, pencurian dunia maya (hacker), pembajakan software serta masih banyak kejahatan yang lainnya. bahkan bangsa kita sudah terkenal dengan kejahatannya di dunia maya atau yang biasa disebut dengan hacker dan cracker.

Mungkin mental bangsa kita yang belum siap dengan teknologi ini sehingga hanya sebagian kecil dari bangsa ini yang memanfaatkan kemajuan internet ini dengan benar. Menurut sebuah penelitian hampir 75% remaja kita mengakses situs pornografi dan biasanya mereka malah dengan bangga mengupload film mesum mereka sendiri dengan pacarnya ke Internet. apa sebenarnya yang menjadi pemikiran mereka???

Para orang dewasa yang dianggap bisa menyikapi teknologi Internet ini dengan baikpun tidak semuanya bisa menyikapi dengan benar. Lalu apa yang harus dilakukan oleh pemerintah dan peran orang tua untuk menghadapi masalah ini??menghentikan teknologi ini???TIDAK, itu bukan jawaban yang tepat. pemerintah seharusnya tetap mengawasi apa yang terjadi di dunia maya dan menindak secara tegas terhadap kejahatan-kejahatan di dunia maya sehingga para pelakunya menjadi jera.

Selain itu para orang tua jangan pernah membiarkan anak-anaknya berselancar di dunia maya sendirian. jika perlu pasanglah software untuk memblok situs-situs yang tidak diinginkan. saat ini sudah banyak tersedia software untuk memantau kegiatan anak-anak berselancar di dunia maya..Selamtakan bangsa ini dengan tanpa meningglkan teknologi.

2.8 Internet dan Kesehatan
Sudah jamaknya sekarang banyak orang makin paham dengan perkembangan IT, interaksipun makin intensif terjadi.......hubungan sosial nyata tergantikan dengan jejaring sosial dalam dunia maya, berbelanjapun tidak perlu susahharus datang ke pusat perbelanjaan.......dibalik kemudahan ada banyak permasalahan yang harus dibayar oleh manusia yang mulai beraktifitas hanya melalui layar komputer, sedikit demi sedikit rapuhlah KEKEBALAN TUBUHNYA, karena apa ? udara segar yang harusnya kita hirup, sinar matahari sebagai perangsang saraf sudah jarang menjamah dalam kulit kita......lalu lahirnya konsekwensi logis dari hal-hal tersebut, suami yang harusnya lebih perhatian pada istri ataupun sebaliknya tergantikan dengan datangnya monitor-monitor komputer dengan dukungan jejaring sosialnya......pertanyaannya sudah berapa lami ini terjadi pada anda....? satu minggu....? satu bulan............? satu tahun..........? mulai sekarang kembalikan kekuatan anda dengan apa yang diciptakan Tuhan pada kita, maka cobalah MEDITASI KUNO dari Serat ASMORO GOMO dengan tehnik-tehnik sebagai berikut :

1.  Mulailah dengan belajar kembali konsentrasi yang ALAMI yang kami sebut dengan SEGI TIGA KONSENTRASI.
2.  Mulailah melakukan nafas dengan benar HISAP LEWAT HIDUNG, KELUARKAN NAFAS LEWAT HIDUNG KEMBALI, dan rasakan kesegarannya DALAM DADA KITA.
3.  Nafas yang baik selalu melewati dada dengan kesegarannya, TANPA TURUN DI PERUT.
4.  Mulailah mencari satu titik pandangan kita, berusahalah melihat lebih dalam titik pandangan tersebut, sampai seolah-olah hanya ada titik yang ada pada pandangan kita.
5.  Mulailah pindahkan pandangan tersebut pada ujung hidung kita.
6.  Mulailah terpejam dengan kesegaran yang menjalar melalui dada kita tetap dengan ATURAN NAFAS LEWAT HIDUNG - HISAP - LEPASKAN, ingat pikiran tetap terjaga dan tubuh tetap rileks.

Lakukan degan posisi apapun.... boleh berdiri tegak bersandar, duduk dikursi, duduk bersila, bahkan sambil terlentangpun boleh........seiring dengan rutin anda melalukan, tumbuhlah kembali KEKUATAN dan KEKEBALAN kita sebagai manusia yang harus berinteraksi...... selamat mencoba dan SALAM PERSAUDARAAN..................







BAB III
Penutup

3.1 Kesimpulan
      Internet merupakan media ketiga setelah guru dan buku untuk kita menjelajahi dunia dan informasi. Jadi, untuk membuat kita maju gunakanlah internet dengan sebaik mungkin. Usahakan untuk tida melakukan tindakan penyelewengan agar kita tidak terlibat ke dalam tindak kejahatan yang dapat merusak jiwa dan pribadi kita sendiri

3.2 Saran
Sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu kepada yang sudah ahli dalam hal interenet, sebelum kita mengoperasikan Microsoft tersebut. Dan dianjurkan mengajak teman ketika kita ingin mengakses internet, agar ada yang memperingatkan kita untuk tida bertindak menyimpang




















Sumber





5. Pardosi, Mico. 2000. Belajar Sendiri Intenet ( secara cepat dan mudah ). Surabaya: INDAH





Dapatkan artikel terbaru via Facebook, Twitter dan Google+ :

Sebarkan jika bermanfaat:
Facebook Twitter Google+ Linkedin Digg
0 Comments
Tweets
Comments

0 Response to "MAKALAH KOMPUTER"

Posting Komentar

write the thing which will be important for all of people

Mengapa para remaja banyak yang terpengaruh pergaulan bebas tanpa batas?